Cek Fakta: Konsumsi Minuman Manis Secara Berlebih Dapat Meningkatkan Resiko Pikun?

Yasmine Muntazah - Rabu, 6 Oktober 2021, 15:40 WIB

Cek Fakta: Konsumsi Minuman Manis Secara Berlebih Dapat Meningkatkan Resiko Pikun?Cek Fakta: Konsumsi Minuman Manis Secara Berlebih Dapat Meningkatkan Resiko Pikun?/Pexels/Taithong SISAYKEO

FIXMAKASSAR.COM - Benarkah mengonsumsi minuman manis secara berlebihan dapat meningkatkan resiko pikun? Simak penjelasannya berikut ini.

Faktanya, berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Alzheimer's & Dementia pada Maret 2017, mengonsumsi minuman manis setidaknya dua kali sehari dapat meningkatkan risiko terkena demensia atau biasa disebut pikun.

Pikun merupakan suatu kondisi dimana seseorang butuh waktu lebih lama untuk mengingat atau lupa dengan apa yang mereka lakukan sebelumnya.

Tim peneliti menganalisis data dari 4.000 orang dalam kelompok Keturunan dan Generasi Ketiga Framingham Heart Study.

Baca juga: Azis Syamsuddin Disebut Miliki 8 Orang Dalam di KPK untuk Bantu Perkara

Kelompok-kelompok ini terdiri dari anak-anak dan cucu-cucu dari peserta asli yang terdaftar dalam studi penting pada tahun 1948.

"Tim peneliti menilai kebiasaan konsumsi minuman masing-masing peserta, dengan mempertimbangkan mereka yang minum dua minuman manis sehari seperti jus buah, soda, atau minuman ringan," demikian seperti dikutip Fixmakassar.com dari PMJNews pada Senin, 4 Oktober 2021.

Kemudian peneliti memeriksa mereka yang mengonsumsi lebih dari tiga minuman soda per pekan.

Editor: Muhammad Ihlasul Amal

Sumber: Pmj News

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot