Begini Panduan Lebaran dari Kemenag, Mulai dari Takbiran hingga Shalat Idul Fitri

Muhammad Ihlasul Amal - Sabtu, 8 Mei 2021, 12:16 WIB

Begini panduan pelaksanaan takbiran dan shalat Idul Fitri dari KemenagBegini panduan pelaksanaan takbiran dan shalat Idul Fitri dari Kemenag/Unsplash/Shivam Garg

FIXMAKASSAR.COM - Indonesia di tahun ini masih melalui Idul Fitri dengan kondisi pandemi Covid-19. Hal ini merupakan kali kedua pelaksanaan shalat Idul Fitri di tengah pandemi sejak tahun 2020 lalu.

Dalam rangka melakukan pencegahan terhadap penularan Covid-19 di hari raya lebaran nanti, Kementerian Agama (Kemenag) kembali mengeluarkan surat edaran tentang panduan penyelenggaraan shalat Idul Fitri saat pandemi.

Melalui surat edaran tersebut, Kemenag membolehkan dilaksanakannya malam takbiran di semua masjid dan mushalla. Namun, penyelenggaraan tersebut harus dilaksanakan secara terbatas, yakni 10 persen dari kapasitas masjid dan mushalla.

Baca juga: Nekat Lintas Batas Bantaeng-Bulukumba, 2 Mobil Penumpang dan 6 Motor Dipaksa Putar Balik

Pelaksanaannya juga diharuskan dengan penerapan standar protokol kesehatan yang ketat. Akan tetapi, Kemenah tidak membolehkan adanya kegiatan takbir keliling untuk mengantisipasi keramaian. Selain itu, kegiatan takbir di masjid juga boleh disiarkan secara virtual dari masjid atau mushalla.

Sementara itu, untuk daerah dengan status zona merah dan oranye, shalat Idul Fitri 1442 H hanya dilakukan di rumah masing-masing. Penyelenggaraan shalat Id di masjid dan lapangan hanya dilakukan di daerah zona hijau dan kuning.

Bagi daerah yang melaksanakan shalat Idul Fitri di masjid dan lapangan, Kemenag juga telah memberikan ketentuan. Protokol kesehatan saat pelaksanaan shalat harus sesuai dengan standar protokol kesehatan Covid-19.

Baca juga: BPPTKG Pantau Aktivitas Vulkanik Merapi, Sempat Luncurkan 1 Awan Panas Guguran

Editor: Muhammad Ihlasul Amal

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot